Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan yang Dialami Mixer dan Cara Perbaikannya


Kerusakan yang Dialami Mixer dan Cara Perbaikannya

Kerusakan pada mesin adalah hal yang sangat tidak menyenangkan terutama pada saat ingin digunakan. Mixer alat yang digunakan untuk mengocok dan mencampurkan adonan, yang telah dilengkapi dengan berbagai komponen.

Pastikan anda mengetahui cara perbaikan yang dialami pada mixer. Berikut ini adalah kerusakan yang dialami mixer dan cara perbaikanya.

Kerusakan yang Dialami Mixer dan Cara Perbaikannya

Mesin ini memiliki kualitas yang sangat terjamin dengan harga mixer yang dapat disesuaikan budged. Dengan kualitas terbaik pastinya sewaktu waktu mesin dapat mengalami kerusakan. Pastikan anda mengetahui cara memperbaikinya, berikut ini kami akan membahasnya.

1) Roda Gigi

Roda gigi adalah komponen mixer yang terletak diatas pengaduk dan ditahan oleh klem plat, dapat dilepas dengan membuka baut pada roda gigi. Roda gigi harus selalu diperiksa karena bisa saja terdapat gigi yang patah, gigi yang patah akan menyebabkan suara yang sangat keras dan dapat menyebabkan tungkai pengaduk berhenti berputar.

Apabila gigi telah patah maka maka gantilah dengan yang baru, sebelum di pasang sebaiknya anda memasang silicon. Roda gigi harus ditandai dengan tanda seperti titik atau panah, agar gapat ditempatkan kembali dengan susunan yang benar. Putar poros motor dengan tangan sampai roda berputar halus dan arah yang benar.

2) Tungkai Pengaduk

Pengaduk adalah alat yang dapat berkerja karena diputar dengan motor. Apabila terdapat kerusakan pada tungkai pengaduk seperti kebengkokan atau kerusakan lainya maka tungkai ini tidak dapat direparasi. Anda dapat mencari jalan keluar dengan membeli tungkai pengaduk yang baru dan sesuai dengan type mixer.

3) Kipas

Kipas adalah komponen yang terpasang dekat dengan motor, apabila mixer anda mengeluarkan suaraa yang keras atau bergetar dengan berlebihan. Maka bisa saja terdapat baling yang bengkok, luruskan kembali seperti semula untuk memperbaikinya menggunakan tang.

Dan apabila pembengkokan bukan menjadi alasan kerusakan tersebut, maka anda dapat mencari jalan keluar dengan mengganti baling yang baru sesuai dengan mesin mixer anda.

4) Sakelar

Sakelar adalah komponen yang terletak diatas badan mixer, apabila motor mesin tidak berputar namun bukan dikarenakan kabel penghubung yang rusak, maka bisa saja saklar menjadi induk permasalahnya. Kekurangan tenaga pada saat mixer bekerja dengan kecepatan yang rendah maka hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada saklar.

Anda dapat memeriksa sambungan pada saklar, apakar saklar tersambung dengan kuat dan kontaknya bersih, apabila kontak kotor maka ampelas kontak dengan halus lalu gunakan kain yang lunak. Setelah itu kencangkan baut pada terminal.

5) Kabel Penghubung

Kerusakan pada kabel penghubung, adalah kerusakan yang dapat disebabkan karena kelalaian pengguna mixer pada saat pemakaian dan perawatan.

Anda dapat meriksa kabel, karena bisa saja kabel terputus atau tidak dengan ohm meter dan periksa apakah ada isolasi kabel yang terkelupas. Bila kabel putus atau rusak, sebaiknya ganti dengan kabel penghubung yang baru.

Mengetahui mesin yang rusak adalah hal yang penting, karena bila mesin rusak bisa saja menimbulkan dampat yang negatif bagi para pengguna. Kami telah membahas mengenai kerusakan dan cara memperbaikinya yang dapat anda pelajari dengan sebaik baiknya untuk meminimalisir dampak yang terjadi.

Demikian kerusakan yang dialami mixer dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam memperbaiki mixer yang rusak.