Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Sah Sholat Agar Ibadah Diterima Allah SWT


Syarat Sah Sholat Agar Ibadah Diterima Allah SWT

Dalam sholat agama islam telah menjelaskan beberapa syarat sah untuk melakukan sholat yang harus dipahami oleh seluruh umat muslim. Sholat adalah sesuatu yang wajib dilakukan, berdosa untuk ditinggalkan dan mendapatkan pahala bila dikerjakan.

Perlu di ketahui syarat sah sholat, berikut ini adalah syarat sah sholat agar ibadah diterima allah swt.

Syarat Sah Sholat Agar Ibadah Diterima Allah SWT

1. Menurut Aurat

Menutup aurat adalah syarat sah sholat yang pertama. Sebelum melaksanakan ibadah sholat sebaiknya anda menutup aurat terlebih dahulu. Pastikan pakaian yang anda gunakan tidak kekecilan sehingga dapat membuka aurat ketika melakukan gerakan sholat.

Bagi seorang perempuan maka mukenah menjadi pakaian yang dianjurkan dan menggunakan kopiah celana panjang serta baju koko yang dapat digunakan seorang laki laki. Allah pun memerintahkan umat muslim untuk berpenampilan yang baik, yaitu mengenakan baju yang bersih dan rapi ketika hendak menjalankan ibadah sholat.

2. Suci dari Hadas Kecil dan Besar

Syarat sah yang kedua adalah suci dari hadas, yang perlu diketahui hadas kecil adalah segala sesuatu yang dapat membatalkan wudhu contohnya seperti kentut, buang air.

Sedangkan hadas besar adalah keadaan laki laki yang mengalami mimpi basah dan perempuan yang sedang haid atau nifas, orang orang yang telah mengalami hadas besar harus mensucikan dirinya dengan mandi junub.

3. Suci

Syarat sah solat selanjutnya adalah suci, suci dalam artian suci dari pakaian, badan dan juga tempat untuk dilakukannya beribadah. Seseorang yang akan melakukan ibadah sholat, perlu terlebih dahulu memastikan bahwa badannya telah suci, begitu juga dengan pakaian dan tempat sholat yang akan digunakan.

4. Sudah Masuk Waktu Sholat

Selanjutnya adalah sudah memasuki waktu sholat ini adalah syarat sah untuk melakukan sholat. Hendaknya setiap umat muslim yang akan melaksanakan sholat fardhu memastikan terlebih dahulu apakah sudah menunjukkan masuknya waktu sholat.

5.  Menghadap Kiblat

Syarat sah sholat yang terakhir adalah menghadap kearah kiblat. Di mana setiap umat muslim hendaknya menyesuaikan diri dengan arah kiblat dari posisinya, menghadap Ka’bah atau Masjidil Haram

Demikian syarat sah sholat agar ibadah diterima allah swt. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam melaksanakan sholat yang tepat dan benar. (https://justtatha.blogspot.com)