Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Salat Wajib yang Benar Sesuai Syariat Islam


Tata Cara Salat Wajib yang Benar Sesuai Syariat Islam

Secara bahasa sholat adalah berdoa atau dalam arti mengagungkan, sholat merupakan ibadah umat islam yang dilakukan semata mata mengharapkan ridho Allah SWT.

Sholat adalah segala sesuatu yang wajib dilakukan umat islam dan bila dilakukan maka akan mendapatkan pahala lalu bila ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Lakukan lah sholat yang benar, berikut ini adalah tata cara sholat wajib yang sesuai dengan syariat islam.

Tata Cara Salat Wajib yang Benar

1. Membaca Niat Salat

Niat adalah hal yang wajib dilakukan, bacalah niat sebelum takbiratul ihram, dalam keadaan hati yang tenang dan pandangan mata tertuju pada tempat sujud.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan daun telinga bagi laki laki dan boleh sejajar dengan dada bagi perempuan, sambil membaca Allahu akbar. Niat juga  bisa dibaca sebelumnya, atau juga bebarengan dengan takbir.

3. Ruku’

Setelah membaca alfatihah dan surat pendek tata cara sholat berikutnya adalah ruku. Ruku dapat dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan membaca Allaahu akbar, kemudian badan dibungkukkan, kedua tangan memegang lutut dan ditekankan. Posisi antara punggung dan kepala supaya rata.

4. I'tidal

I'tidal dilakukan setelah ruku dengan bangkit tegak sambil mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Dengan membaca “Sami’allaahu liman hamidah.”

5. Sujud

Sujud dilakukan setelah i'tidal dengan meletakkan dahi diatas alas sholat. Dari i'tidal turun sambil membaca “Allahuu akbar”.

6. Tasyahud Awal

Tasyahud awal dapat dilakukan pada rakaat kedua dan setelah melakukan sujud kedua. Dapat dilakukan dengan duduk sikap kaki kanan tegak dan kaki kiri diduduki sambil membaca tasyahud awal.

7. Tahiyatul Akhir

Tahiyatul akhir ini dilakukan pada raka'at akhir dilakukang dengan duduk setelah sujud kedua dan kaki kanan tegak lalu kaki kiri dimasukkan kedalam kaki kanan atau dengan kaki bersilang.

8. Salam

Salam adalah tata cara sholat terakir, dilakukan dengan menengok kekanan dan kekiri secara bergantian. Dengan membaca “Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.”

Demikian tata cara sholat wajib yang benar sesuai syariat islam. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam melakukan sholat yang benar. (Halaman Utama)