Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Agar Tidak Terkena Paparan Virus Corona


5 Tips Agar Tidak Terkena Paparan Virus Corona

Coronavirus atau virus corona merupakan virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Berikut ini adalah 5 tips agar tidak terkena paparan virus corona.

1. Mencuci tangan dengan benar

Cara yang bisa anda lakukan adalah, mencuci tangan dengan benar. Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik.

Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. Dan bisa tidak tersedianya air anda bisa menggunakan hand sainitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

2. Menggunakan masker

Selanjutnya anda bisa menggunakan masker untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan virus corona, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tubuh yang kuat tentunya dapat mencegah tertularnya berbagai virus dan penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh maka kita semua disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Menerapkan physical distancing

Melakukan pembatasan diri sangat penting untuk dilakukan karena untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Dapat dilakukan dengan cara tidak bepergian keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang mendesak atau darurat, seperti berbelanja bahan makanan atau berobat ketika sakit. Pembatasan fisik dapat anda lakukan dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

5. Membersihkan rumah dan melakukan disinfeksi secara rutin

Melakukan pembersihan rumah juga sangat penting untuk dilakukan karena virus Corona dapat bertahan hidup selama berjam jam dan bahkan berhari hari di permukaan suatu benda.

Itulah yang membuat kita semua perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh, termasuk perabotan dan peralatan rumah yang sering disentuh, seperti gagang pintu, remote televisi, kran air, dan permukaan meja.

Demikian 5 tips agar tidak terkena paparan virus corona. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda semua. (Halaman utama)